Minggu, 27 Oktober 2013

LIPUTAN: Musyawarah Nasional IMAMUPSI 2013


Menindaklanjuti undangan Musyawarah Nasional (MUNAS) IMAMUPSI 2013, yang akan diselenggarakan di Universitas Indonesia, Jakarta, maka pada Kamis sore (26 September 2013),  tiga orang anggota IMAMUPSI UMS (Fajar, Ayat dan Wawan) berangkat menuju stasiun kereta. Sekitar pukul 15.30 WIB sebagai delegasi, rombongan bertolak dari Stasiun Jebres Solo, menggunakan KA Brantas.
Awalnya rombongan delegasi IMAMUPSI ingin menaiki KA Bengawan namun karena kehabisan tiket, terpaksa menggunakan KA Brantas, kebetulan hari itu bersamaan dengan keberangkatan tim bola basket dan futsal SUOF (Sub Unit Olahraga & Film), Fakultas Psikologi UMS yang juga ke Jakarta.
Sambil menikmati pemandangan jalur Utara Pulau Jawa yang mempesona sepanjang perjalanan, waktu luang dimanfaatkan rombongan delegasi untuk mempersiapan tampilan di acara di UI nantinya.
Sekitar pukul 2 pagi, sampailah delegasi  sampai Stasiun Pasar Senen.  Delegasi yang awalnya ingin turun di Jati Negara, namun Stasiun Pasar Senen dirasa lebih dekat ke UI. Tidak disangka, di stasiun Pasar Senen, delegasi IMAMUPSI UMS bertemu dengan delegasi dari universitas lain, diantaranya  UNDIP, UAD dan UGM. Setelah beristirahat sampi sekitar jam 05.00 WIB pagi, delegasi  naik Komuter Monorel menuju UI. Sekitar pukul 06.00 WIB,  berangkatlah rombongan delegasi bersama delegasi Jateng DIY, perjalanan sekitar 1 jam.


Hari pertama. Jum'at 27 September 2013.
Pukul 07.00 WIB, sampailah delegasi di UI. Mbak Laeli dari  Presnas, menghubungi, Mas Barkah (ketua FUSI UI) untuk menjemput, kemudian rombongan delegasi diarahkan naik bus (angkutan UI), menuju perpustakaan UI, perjalanan memakan waktu sekitar 5 menit. Kemudian rombongan delegasi trasnsit di masjid, setelah mandi dan sarapan (disediakan dari panitia). Sekitar pukul 08.30, delegasi berjalan menuju perpustakaan UI. Sampai di perpustakaan, rombongan delegasi menuju ruang pertemuan di Aula Perpustakaan lantai 5. Sampai disana delegasi UPI Bandung sudah menunggu, tak lama kemudian disusul rombongan dari Jateng DIY, dan dari Malang.


Pukul 09.00 acara dibuka oleh MC mbak Dina dari UPI Bandung, Mas Sri Mulyadi (perwakilan dari Presnas IMAMUPSI) dan Andi Hakim (ketupat MUNAS UI) memberikan sambutan. Acara kemudian disusul dengan perkenalan dari masing-masing KSPI (Kelompok Studi Psikologi Islam) yang sudah hadir. IMAMUPSI UMS ditunjuk sebagai yang pertama kali. Perwakilan IMAMUPSI mempresentasikan 2 video tentang IMAMUPSI UMS, setelah itu disusul dari UMM, UIN Sunan Kalijaga Jogja, UII Jogja, UAD Jogja, UPI Bandung, UNDIP, UGM, UIN Maliki Malang. Setelah Sholat Jumat, perkenalan dilanjutkan dari tuan rumah, dari FUSI UI.
Pada pukul 13.30 WIB, acara dilanjutkan LPJ dari Presnas 1, Mas Wahyu Budi dari UMM, LPJ selesai sampai sekitar Ashar. Berikutnya acara ditunda untuk break sholat Ashar, sholat dilaksanakan di Masjid UI. Pukul 16.30 peserta Munas kembali ke perpustakaan pusat, delegasi IMAMUPSI UMS yang waktu itu kelelahan, beristirahat sampai jam 16.00.


Panitia memutuskan melanjutkan acara evaluasi di villa, karena pukul 15.00 WIB perpustakaan UI ditutup, sekitar 3 km. sekitar pukul 17.00 delegasi sampai di villa. Sampai di villa, peserta ikhwan membuat diskusi di taman, membicarakan tentang kondisi KSPI masing-masing sampai menjelang maghrib.
Ba'da maghrib, peserta ikhwan melakukan evaluasi bersama Mas Wahyu Budi, sampai sekitar Isya'. Setelah sholat isya', acara free, waktu luang dimanfaatkan peserta ikhwan untuk mandi di masjid sambil menunggu waktu makan. Sekitar pukul 20.30 ada peserta berkumpul lagi untuk menerima materi tentang Psikologi Islam dari Ahmad Rusdi (Kandidat doktor UIN Jakarta) sampai sekitar 22.30 WIB.
Pukul 22.30 peserta ikhwan pulang, menggunakan angkutan. Ada sedikit kejadian lucu, karena supir angkutan tidak mengetahui lokasi yang dimaksud, maka angkutan mencari-cari lokasi, sekitar 23. 15 WIB, barulah peserta sampai di rumah singgah (basecamp LDK UI), dan ternyata kunci rumah tersebut ketinggalan, panitia terpaksa kembali ke villa akhwat, untuk meminta kunci J. Pukul 23.35 WIB peserta baru masuk. sampai di rumah LDK UI, peserta banyak yang kelelahan, sebagian langsung tidur, mandi dan ada juga yang makan.

Hari kedua. Sabtu 28 September 2013.
Pukul 04.30 setelah kumandang azan subuh terdengar, panitia membangunkan peserta,  dan segera mengajak mereka untuk menuju masjid dengan berjalan kaki. Setelah selesai, rombongan peserta kembali ke rumah singgah. Sebagian peserta memilih untuk tidur lagi. Selepas waktu makan jam 6.30 WIB, peserta kemudian kembali menuju perpustakaan UI, namun karena perpus belum dibuka, peserta menunggu, sampai sekitar jam 08.00 WIB. 


Setelah perpustakaan dibuka, peserta menuju lantai atas, acara pun segera dimulai.  Agenda acaranya adalah mengikuti Seminar Psikologi pukul 09.00 WIB. Seminar hari itu diisi oleh Bp. Adriano Rusfi M. Psi, yang menjelaskan tentang "Psikologi Positif dan Psikologi Islami menuju Psychological Well-being".


Acara yang dijadwalkan selesai jam 12.00, ternyata harus diakhiri sampai jam 12.30. Hal ini disebabkan karena jumlah peserta yang membludak dan sesi tanya jawab serta beberapa promosi. Pukul 13.30 peserta diarahkan utuk masuk sampai ke Aula UI, peserta diminta untuk berdiskusi tentang IMAMUPSI ke depan, sampai jam 15.00 WIB. Acara kemudian berlanjut di taman, di samping masjid sampai pukul 17.00 WIB. Disitu setiap kelompok peserta diminta memberi masukan, ide-ide, unek-unek perkelompok, kemudian setiap kelompok akan menyampaikan hasil diskusinya malam nanti.


Waktu menunjukkan pukul 17.00, acara dilanjutkan dengan jalan-jalan menyusuri kampus UI. Selepas maghrib, peserta melanjutkan perjalanan ke villa Zam-Zam, sampai sekitar isya'. Sembari menunggu makan malam, selepas Isya’,  peserta mempresentasikan hasil diskusi perkelompok, tentang harapan untuk IMAMUPSI. Acara berlangsung sampai pukul 00.30. Peserta akhwat tidur di villa, sementara ikhwan tidur di masjid.


Hari Ketiga. Ahad 29 September 2013.
Pagi pukul 04.15 WIB, selepas azan subuh bergema, peserta yang tidur segera dibangunkan untuk sholat subuh. Setelah selesai sholat, peserta tidur kembali. Acara  baru dimulai lagi sekitar pukul 07.00 WIB, dibuka dengan acara diskusi membahas masa depan IMAMUPSI.
Acara dilanjutkan dengan pemilihan beberapa jabatan struktural, dan hasilnya menetapkan bahwa:Peserta musyawarah nasional memilih dan melantik pengururs Imamupsi periode 2013-2015 yakni:
Koordinator Nasional             : Tirta Firdaus Nuryananda (Univ. Indonesia)
Koordinator Regional 1 & 2   : Rismawanti Imha Laiqa (Univ. Pendidikan Indonesia)
Koordinator Regional 3          : Tika Faizah El-Rahman (Univ. Gajah Mada)
Koordinator Regional 4          : Akbar Prasetya (Univ. Muhammadiyah Malang)


Bagi delegasi IMAMUPSI UMS, walaupun dirasa masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraanya, namun acara MUNAS seperti ini sangat baik untuk meningkatkan semangat berorganisasi dan mendalami keilmuan Psikologi Islami. Harapan kita semoga acara ke depan makin baik dan mampu memberi kontribusi yang lebih besar bagi keilmuan Psikologi Islami di Indonesia. (Gilang/ Wawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar