Selasa, 27 Agustus 2013

PENGENALAN UKM 2013

Tahun ajaran 2013 hampir dimulai. Calon mahasiswa baru sudah berdatangan. Seperti tahun-tahun sebelumnnya, salah satu acara rutin yang harus dilalui mahasiswa baru Fakultas Psikologi UMS adalah Pengenalan Program Akademik (PPA). Pada kegiatan PPA,calon mahasiswa baru harus melalui beberapa tahapan kegiatan, diantaranya Tecnical Meeting (TM), pengenalan UKM dan pelaksanaan PPA. Sabtu 24/08/2013 adalah saat pengenalan UKM ke calon mahasiswa baru. Bagi calon mahasiswa baru, hari ini merupakan hari mengumpulkan puzzle kelompok PPA. Bagi UKM, termasuk IMAMUPSI UMS, hari ini adalah momentum first impression, tantangan membuat display dan kesan pertama yang menarik bagi calon mahasiswa baru.


 Stan di Hall Selatan Fakultas Psikologi UMS.

Calon Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi UMS, 2013.

Seperti tradisi PPA tahun sebelumnya, calon mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tahun 2013 ini, jumlah calon mahasiswa baru sekitar 300 orang dan dibagi menjadi 20  kelompok. Sementara nama-nama kelompok menggunakan nama alat tes psikologi. Setiap memasuki stan calon mahasiswa baru harus melaksanakan tugas dari kakak-kakak penjaga stan, untuk mendapatkan kepingan puzzle.


Di stan IMAMUPSI UMS, mahasiswa baru diminta mengenalkan nama kelompok, menunjukan yel-yel kelompok, kemudian memperkenalkan nama masing-masing anggotannya. Kemudian kelompok diminta mengerjakan TTS dari IMAMUPSI dalam waktu 30 menit.

Setelah mengerjakan TTS, dan dikoreksi, kelompok yang jawabannya salah diberi hukuman berupa games, sedangkan kalau berhasil menjawab semua TTS juga maju ke babak berikutnya yakni games juga (kecurangan panitia hehe.. ).



Games yang diberikan antara lain.




1. menjawab logika.



2. tebak kata.

Games Tebak Kata


3. membuat origami (selain pesawat, perahu dan burung bangau).




Walaupun terlihat seperti main-main, namun games yang diberikan sarat dengan aspek pskologis terutama kreatifitas. Diharapkan mahasiswa tahun ajaran baru tidak hanya menjadi mahasiswa yang hanya kuliah pulang- kuliah pulang (kupu-kupu), tapi juga mengembangkan berbagai soft skill dan kreatifitas di UKM. (Gilang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar