Selasa, 23 Juli 2013

UNIVERSITAS RAMADHAN: SAATNYA BELAJAR DAN BERAMAL.

Bersama adik-adik TPA peserta hafalan dan tahsin.
R
amadhan 1434 H. Memasuki bulan penuh kemuliaan tahun ini, IMAMUPSI UMS mencoba mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat bagi sesama. Walaupun kalender akademik sudah memasuki liburan pasca ujian akhir semester genap, namun semangat anggota IMAMUPSI untuk selalu berkontribusi dalam belajar dan mengamalkan ilmu tidak pernah surut.
Oleh karena Ramadhan moment yang spesial, maka IMAMUPSI UMS pun mencoba mengadakan kegiatan yang beda dari biasanya. Kali ini bukan cuma satu kegiatan yang dilakukan, tetapi rangkaian kegiatan dalam satu wadah yang diberi label “UNIVERSITAS RAMADHAN”. Rangkaian kegiatan yang direncanakan mulai tanggal 14-19  Juli 2013 ini antara lain. Sahur on the Road, Kajian Psikologi Islam, Lomba TPA  dan buka bersama.


Ukhuwah salah satu bentuk empati dalam Islam.

Kegiatan Kajian Psikologi Islam yang biasanya hanya diadakan dilingkup Fakultas Psikologi, kali ini dilakukan di tempat yang lebih starategis, yakni di Masjid Ulil Albab, (masjid kampus 2 UMS). Tema yang diambil adalah “Empati dalam Keterbatasan” dangan pembicara Kak Ka’ab as-Sidani, jurnalis majalah Shoutussalam. Dalam kajian tersebut dibahas salah satu bentuk empati dalam Islam yakni Ukhuwah, yang akhir-akhir ini dirasa kurang dan memprihatinkan. Dalam kesempatan ini Kak Ka’ab juga berbagi pengalaman dan tips menjadi seorang jurnalis Media Islam. Acara ditutup dengan buka bersama dan sholat jamaah maghrib.
 Masjid Al- Muttaqin Donohudan, Boyolali.

Peserta lomba adzan.

Hafalan dan tahsin.

Peserta lomba mewarnai.

Pada hari Rabu (17/07/2013), sekitar pukul 13.30, anggota IMAMUPSI kembali berkumpul untuk menuju ke lokasi Lomba TPA, yakni di Masjid Al Muttaqin, Donohudan, Boyolali. Lomba TPA ini diikuti oleh sekitar 70 peserta, dari dua TPA yakni dari TPA AL- Mukkaromah dan TPA AL- Muttaqin. Yang dilombakan kepada adik-adik TPA, yakni: Lomba Adzan (putra), Lomba Hafalan (putri), Lomba Mewarnai (putra-putri) dan Lomba Cerdas Cermat Islam (putra-putri).  Acara ini memang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan memberi apresiasi anak dalam menuntut ilmu, khususnya ilmu agama.
Juara satu (kanan/ putra) dan runner-up (kiri) lomba Cerdas Cermat Islam.

Pada kesempatan kali ini, hadir juga perwakilan Dosen Fakultas Psikologi UMS yang merupakan alumnus IMAMUPSI UMS yakni Ibu Khotimatun Na’imah S.Psi. , beliau sempat mengisi dengan bercerita kepada adik-adik TPA. Acara ditutup dengan buka bersama dan sholat jamaah maghrib bersama adik-adik dan warga.
Adik-adik TPA mendengarkan cerita Ibu Khotim.

Pada tanggal 19/07/2013 dilakukan kegiatan buka bersama intern anggota IMAMUPSI UMS, di rumah salah satu anggota yakni, Mas Wawan Kurniawan. Acara diisi dengan diskusi santai membahas evaluasi kegiatan dan agenda terdekat berikutnya. Ketua Panitia acara, Kak Adita Sasongko (IMP 2012) mengungkapkan, “Cukup disayangkan salah satu acara tidak jadi dilaksanakan yakni Sahur on The Road, karena masalah administrasi dan koordinasi dengan organisasi lain yang kurang baik. Namun begitu acara secara keseluruhan acara bulan Ramadhan kali ini berjalan dengan baik dan insyaAllah memberi manfaat bagi pribadi anggota dan masyarakat umum”. (Gilang’10)

2 komentar: