Minggu, 24 Februari 2013

IMAMUPSI BERBAGI 2013




Fakultas Psikologi- Sabtu (23/02/2013) sekitar pukul  11.30 WIB, sebagaimana biasanya di hari sabtu sehabis kegiatan Mentoring Al Islam dan Kemuhammadiyahan, suasana di Kampus Psikologi UMS masih cukup ramai dengan kehadiran mahasiswa. Ada yang sedikit berbeda di kantor (idaroh) IMAMUPSI UMS pagi menjelang siang itu. Beberapa orang anggota nampak sedang membicarakan sesuatu, ada pula yang sedang membungkus beberapa snack kemudian mengikatnya dengan pita, ada pula yang Nampak sedang berlatih mendongeng, beberapa anggota juga sibuk mengikuti instruksi origami.
Rupanya hari itu special, karena akan ada kegiatan kunjungan anggota IMAMUPSI UMS ke sebuah pesantren yatim. Acara yang akan dilaksanakan tersebut bertajuk “IMAMUPSI BERBAGI 2013”, kegiatan ini merupakan salah satu agenda program kerja Bidang Sumber Daya Kaderisasi (SDK) IMAMUPSI UMS 2013. Ketua Bidang SDK, Ginanjar Handiansyah kemudian menjelaskan “Acara akan dimulai pukul 13.00, mari kita bersiap kita berangkat  bersama ”. Anggota yang hadir pun kemudian berkumpul di tempat parkir sembari diberi pengarahan dari Ketua Bidang SDK. Kurang lebih sekitar 8 orang anggota putra dan 9 putri berangkat bersama menuju ke lokasi.  Acara sengaja dimulai pukul 13.00 dari kampus, menyesuaikan dengan jam pulang sekolah adik-adik pesantren.
Lokasi yang ingin dituju adalah Pesantren Yatim Al-Ihsan, bertempat di jalan Apel III/1 Jajar Laweyan, Surakarta. Pesantren tersebut merupakan asrama dari sekitar 20-an santri yatim dari berbagai daerah. Kebanyakan dari mereka berasal dari daerah Temanggung, ada pula yang dari Klaten, Boyolali, Sukoharjo dan sebagainya. Santri di Pesantren Al ihsan semuanya masih duduk dibangku sekolah, sebagian besar di sekolah dasar. Santri paling muda duduk di kelas satu SD, sementara yang tertua duduk si kelas 12 SMK. Pesantren tersebut dikelola oleh LAZIZ JATENG Solo Raya, pengasuh di pesantren yatim ini ada tiga orang yakni Ustad Triyono, Ustad Daru dan Ustad Agus.
Mendekat menuju ke lokasi, jalanan yang kami lalui dipenuhi oleh rombongan anak sekolah yang baru pulang hari itu. Kemudian kendaraan kami berbelok ke sebuah gang kecil, tepat di ujung gang buntu tersebut kami menjumpai asrama pesantren. Asrama adalah sebuah bangunan dua tingkat menghadap ke Selatan, dari sebuah mushola di sebelah kanan bangunan terlihat seorang anak sedang merapikan buku-bukunya, kami pun memarkir kendaraan di depan pagar asrama dibawah pepohonan yang rindang.

Ketika sampai ke dalam, kami dipersilakan masuk ke mushola, di ruangan yang sekaligus merupakan area tempat santri belajar bersama ini, terdapat sebuah rak besar dengan buku-buku pelajaran di dalamnya, terdapat pula papan tulis dan meja-meja kayu yang ditumpuk-tumpuk rapi di sebelah selatan. Ustad Triyono kemudian menghampiri kami bersama beberapa adik-adik santri, selepas bersalaman dan mengucapkan salam, beliau kemudian  berkata “Maaf, ini belum semuanya santri pulang dari sekolah, nbarangkali sebentar lagi.”, beliau lalu mengkondisikan adik-adik untuk duduk dengan rapi.   Setelah semua yang hadir menempatkan diri ustad Triyono kemudian mengucapkan selamat dating kepad rekan-rekan dari IMAMUPSI UMS. Anggota IMAMUPSI UMS kemudian segera membuka acara, Ayat Pamungkas selaku pembawa acara kemudian mengambil alih dan membacakan susunan acara. Setelah membaca basmalah, kemudian perwakilan dari IMAMUPSI UMS, Sukma Fajar (Ketua Umum 2013), member sambutan kemudian dilanjutkan oleh sambutan  dari pihak Pesantren Al-Ihsan.
Acara kemudian berlanjut, perwakilan dari IMAMUPSI UMS kemudian maju ke depan dan memulai sesi perkenalan, masing-masing anggota yang hadir memperkenalkan diri, kemudian dilanjutkan perkenalan dari adik-adik santri. Dari perkenalan singkat itu diketahui bahwa diantara adik-adik santri ada yang berasal tempat yang sama bahkan diantaranya ada yang bersaudara, ada yang tiga orang bersaudara, ada yang  dua orang. Santri tertua bernama Nanang, merupakan siswa kelas 12 SMK yang mengambil jurusan Elektro, sementara santri termuda bernama Galih, siswa kelas satu SD berumur tujuh tahun.  
Kemudian salah seorang anggota, Kak QurrotaA’yun, maju ke depan dan memperkenalkan diri, tak lama dia lalu meminta adik-adik santri berkumpul didepannya dan menjelaskan bahwa hari ini dia punya sebuah cerita, dengan sebuah corong dari kertas, ia kemudian memulai cerita, ”HARI KIAMAT!!!” pekiknya,”Tahukah kalian apa itu Hari Kiamat???”. Adik-adik santri kemudian menyahut, “Tahu!!”. “Apa itu?” lanjut Kak A’yun.  “Hari Pembalasan, kak.” Kata seorang santri, Kak A’yun kemudian beralih kepadanya dengan pandangan bertanya,“Pembalasan apa? ”, dengn malu-malu adik menjawab  “Amal, manusia.”. Cerita berlanjut dengan gerak dan mimik muka yang ekspresif Kak A’yun menjelaskan ceritanya, adik-adik memperhatikan dengan seksama, sesekali nampak pula mereka menjawab dan tertawa riang.
Acara kemudian berlanjut dengan origami, adik-adik diberi kertas lipat dan diminta mengikuti instruksi dari Kak Gilang, tak ketinggalan pengasuh pesantren dan kakak-kakak IMAMUPSI UMS yang lain pun berusaha mengikuti. Setelah berhasil membuat origami kupu-kupu, semua karya di kumpulkan, kemudian kertas lipat dibagi lagi, sekali lagi adik-adik diminta berlomba membuat kupu-kupu, namun kali ini mengandalkan daya ingat mereka.  Peserta yang tercepat diminta maju ke depan dan diberi bingkisan.

Tiba pukul 15.00 WIB acara diakhiri, Ketua IMAMUPSI UMS, Sukma Fajar memberikan kenang-kenangan dari IMAMUPSI UMS kepada Pesantren Yatim Al Ihsan, tak lupa Ginanjar dan teman-teman anggota IMAMUPSI membagikan bingkisan kepada adik-adik santri yang lain. Acara dilanjut dengan doa bersama yang dibacakan oleh Nanang, semua peserta ikut meng-amin-kan, doa yang dibaca dengan khusyuk tersebut.  Sebelum pulang, Ust. Triyono mengucapkan banyak terimakasih dan berharap kerjasama yang bermanfaat seperti ini bisa berlanjut kedepannya .(Gilang/ Pus/IMP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar