Selasa, 01 Mei 2012

PENDENGKI (HASAD)




Belajar Psikologi Islam

Sahabat, kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang Indikasi Gangguan Kejiwaan Dalam Psikologi Islam, sifat yang ke-3, yakni: 


PENDENGKI (HASAD)


Firman Allah SWT.:

"Sebagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata kebenaran bagi mereka.. " (Qs. Al-Baqarah, 2:109)

Sahabat sekalian,,
Dengki (hasad) adalah: 
Sifat atau sikap tidak senang melihat orang lain mendapat kenikmatan, kebaikan dan kedamaian dengan berupaya melakukan kejaghatan kepadanya agar kenikmatan, kebaikan dan kedamaian itu berpindah kepada dirinya, dan ia merasa senang apabila orang yang dirampas kebahagiaannya itu menderita.
Biasanya para pendengki itu apabila ia telah melakukan kedengkiannya, ia dapat melakukan upaya menjatuhkan orang lain dengan berbagai macam cara, tanpa memperdulikan akibat yang akan ditimbulkan dari perbuatannya itu.

Oleh karena itulah, Allah SWT. mengajarkan kepada Rasulullah SAW. bagaimana cara melepaskan diri dari para pendengki yang menyihir beliau dengan dua surat, yaitu Al-Falaq dan An-Naas, yang salah satu ayatnya berbunyi:



"Dan kejahatan pendengki apabila ia telah berbuat kedengkian".(Qs. Al-Falaq, 113: 5)

Apabila seseorang ingin menjauhkan diri dari sifat dengki orang lain maupun dari dalam dirinya sendiri, maka alangkah mulianya jika rutin membaca kedua surat tersebut.
Insya Allah secara perlahan-lahan sifat yang merusak jiwa atau mental itu akan lenyap dari dalam diri maupun orang lain di lingkungan sekitar maupun dalam lingkungan yang paling jauh. 

Sahabat, semoga Allah SWT. senantiasa menjauhkan kita dari sifat-sifat yang merusak..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar